Apakah kalian pernah menggunakan tepung kelapa sebagai bahan campuran untuk pembuatan kue? Ternyata tepung kelapa memiliki banyak manfaat lho…

Berikut pembahasannya!

Penjelasan

Tepung kelapa berasal dari daging kelapa yang didapat dari santan atau minyak kelapa yang dihasilkan. Bentuk dan warna menyerupai tepung terigu berwarna putih dan halus. Tepung kelapa ini menurut riset para ahli bebas dari gluten jadi cocok banget bagi pengidap gluten intolerance.

Manfaat

Tepung kelapa mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mengontrol gula darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2003 menemukan bahwa mengganti tepung terigu dengan tepung yang dibuat dari kelapa ini dapat menurunkan indeks glikemik (ukuran dampak makanan terhadap gula darah). Bagi seorang penderita atau yang memiliki riwayat diabetes, tepung kelapa bisa menggantikan tepung terigu untuk mengontrol gula darah.

Serat makanan pada tepung ini dapat membantu mengendalikan kadar glukosa sehingga memungkinkan untuk membantu mengontrol gula darah. Tepung kelapa mengandung serat tinggi sehingga memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Oleh karena itu, mengonsumsi tepung kelapa dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tepung ini juga memiliki kandungan protein tinggi, rendah lemak, dan mengandung asam laurat yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit.

Selain itu,  gizi lain yang tinggi di dalam tepung kelapa adalah tingginya kandungan lemak jenuh yang sehat dalam bentuk asam lemak rantai sedang (MCFA). Lemak jenuh dalam bentuk asam lemak rantai sedang ini digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dan membantu mendukung metabolisme yang sehat, serta kadar gula darah yang seimbang.

Tepung yang memiliki tekstur sama dengan tepung terigu ini dapat membantu Anda untuk memiliki pencernaan yang sehat. Hal tersebut dikarenakan tepung ini memiliki kepadatan makanan yang larut maupun tidak larut di dalamnya sehingga dapat membantu menyehatkan usus.

Rumah Mocaf Indonesia

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X