Banyak orang mengira bahwa tepung tapioka dan tepung singkong sama. Ternyata, keduanya berbeda, yang sama hanya bahan bakunya saja. Perbedaan yang terlihat pada tepung tapioka dan tepung singkong adalah cara pembuatan, nilai gizi, dan tekstur tepung. Sebelum lanjut ke pembahasan, mari kita berkenalan terlebih dahulu apa itu tepung mocaf dan tepung tapioka? Tepung mocaf adalah tepung singkong yang diolah menggunakan teknik fermentasi sedangkan tepung tapioka adalah tepung pati yang diekstrak dari ubi singkong.

Di masa depan, kita berharap tepung singkong dapat menggantikan peran dari tepung terigu. Hal tersebut dikarenakan nutrisi yang ada di dalam tepung singkong dapat memberikan banyak manfaat. Tepung singkong memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan tepung terigu sehingga sangat bermanfaat bagi pengidap kolestrol. Manfaat lain dari tepung singkong yaitu gluten free. Selanjutnya, tepung singkong bermanfaat bagi yang ingin diet dan juga sangat bermanfaat bagi pengidap diabetes karena kandungan gula yang rendah. Tepung mocaf sangat cocok untuk membuat kue kering contohnya seperti nastar, cookies, dan campuran produk lainnya.

Tekstur dan Warna dari Tepung Tapioka

Tepung tapioka memiliki warna putih terlihat seperti tepung pada umumnya. Namun, yang membedakan dari tepung lain adalah tekstur lebih kasar. Akan tetapi, tekstur tepung tapioka lebih lembut daripada tepung terigu.

Nama Lain dari Tepung Tapioka

Tepung tapioka memiliki beberapa penyebutan yaitu tepung singkong atau tepung kanji.

Manfaat dari Tepung Tapioka

Tepung tapioka sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan yang dimiliki pada tepung tapioka yaitu sedikit protein dan bebas gluten, ini sangat baik bagi penderita celiac disease atau disebut juga gluten intolerance.

Olahan Makanan yang Dapat Dibuat dari Tepung Tapioka

Tepung tapioka ini dapat dimanfaatkan pada berbagai olahan makanan seperti campuran pembuatan cuanki, cireng, bakso, cilok, cimol, dan lain sebagainya. Tepung tapioka memiliki tekstur kenyal ketika dimasak. Hal tersebut yang membuat makanan menjadi nikmat.

Tepung Tapioka Dapat Menggantikan Tepung Maizena

Dari tekstur, tepung tapioka lebih lembut dari tepung terigu biasa. Pada umumnya, tepung tapioka digunakan sebagai pengganti tepung maizena untuk pengental tumisan. Hal tersebut karena ciri khas dari tepung tapioka yang bening dan mengental jika dipanaskan. 

Istilah Tepung Mocaf

Modified Cassava Flour atau MOCAF, juga dikenal dengan istilah MOCAL merupakan produk tepung dari singkong (Manihot esculenta Crantz) yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel singkong secara fermentasi. 

Tekstur dan Warna Tepung Singkong

Tepung singkong memiliki tekstur halus daripada tepung-tepung pada umumnya, tidak memiliki bau singkong, memiliki kadar air yang sedikit, dan berwarna putih.

Manfaat dari Tepung Singkong

Tepung singkong mulai banyak dilihat masyarakat  karena memiliki kandungan nutrisi baik dan kandungan indeks glikemik rendah. Sangat direkomendasikan  untuk orang yang memiliki permasalahan diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi untuk mengonsumsi tepung singkong. 

Olahan dari Tepung Mocaf

Tepung Mocaf dapat digunakan sebagai bahan penunjang untuk membuat pie brownies, cilok, bakso, bolu, mochi, pastel, dan masih banyak lagi.

Tepung Singkong Dapat Menggantikan Tepung Terigu

Dengan harga yang cukup terjangkau, kandungan gizi yang ada di dalam tepung mocaf tidak kalah dengan tepung terigu kebanyakan. Maka, tepung singkong dapat menjadi alternatif sebagai pengganti tepung terigu.

Tepung mocaf ternyata sangat baik untuk kesehatan karena tidak mengandung gluten sama sekali. Gluten hanya ada pada terigu yang dapat menentukan kekenyalan makanan. Selain itu, tepung singkong mengandung sedikit protein tetapi lebih kaya akan karbohidrat dan memiliki gelasi lebih rendah daripada tepung terigu.

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X