Tidak bisa makan karena memiliki permasalahan gluten? Jangan khawatir! Tepung singkong bisa menjadi alternatif sebagai pengganti tepung terigu. Tepung singkong terbuat dari singkong yang diparut sampai halus lalu dikeringkan. Produk tepung singkong sangat jarang sekali di pasaran. Biasanya kita paling banyak menemukan tepung terigu dan tepung lainnya yang tidak berbahan dasar singkong. Berikut ini adalah informasi yang harus diketahui dan manfaat dari tepung singkong.

Apa Itu Tepung Singkong?

Tepung singkong adalah tepung yang dibuat secara langsung dari singkong yang dikeringkan dan dijadikan tepung, akan tetapi bukan dibuat untuk gaplek sehingga warnanya masih keputihan.

Tanaman singkong sangat sensitif terhadap lingkungan yang penuh tekanan dan dapat ditanam hampir di seluruh belahan dunia di mana makanan segar biasanya langka. Oleh karena itu, dianggap sebagai tanaman keamanan yang berkelanjutan dan penting untuk mencegah kelaparan. Selain akar ketela pohon singkong, daun dan batang singkong juga dapat digunakan untuk membuat makanan bagi manusia dan hewan.

Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

Tepung singkong mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti kandungan serat yang tinggi. Fungsi serat di dalam tepung tapioka tersebut tentu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Dengan demikian, tepung singkong mampu mencegah sembelit, nyeri usus, perut kembung, dan kanker usus.

Selain manfaat tepung singkong di atas, ternyata mengonsumsi tepung singkong dalam jumlah yang tepat ampuh dalam mencegah naiknya tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan yang sangat berbahaya bagi tubuh. Adanya kandungan kalium di dalam tepung singkong sangat ampuh dalam menjaga tekanan darah agar tetap berada dalam batas normal. Hal ini dapat berdampak langsung pada kesehatan dari organ vital seperti jantung.

Asam lambung menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap menyerang banyak orang. Beberapa penyebab dari terjadinya asam lambung antara lain pola makan yang tidak teratur, stres maupun banyak pikiran, konsumsi alkohol serta rokok dalam jumlah berlebihan.

Untuk mengatasi atau mengurangi masalah kesehatan asam lambung, salah satu manfaat tepung singkong ini bisa menjadi solusi. Mengingat, tepung singkong sendiri terbuat dari bahan dasar singkong alami. Singkong sendiri punya sifat yang ampuh untuk merekatkan bahan-bahan lain seperti halnya fungsi lem pada kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa, dengan konsumsi tepung tapioka yang tepat, akan sangat membantu untuk menebalkan lapisan lambung secara alami, hingga akhirnya permasalahan pada asam lambung dapat dengan segera diatasi.

Rumah Mocaf Indonesia

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X