Seperti yang kita ketahui, tepung terigu sudah menyebar di kalangan masyarakat sebagai salah satu bahan baku pengolahan makanan seperti, biskuit, roti dan berbagai macam olahan lainnya. Tepung terigu merupakan hasil olahan dari serealia yaitu gandum.  Kandungan gizi yang mendasar pada tepung terigu yaitu kaya akan protein dan mengandung gluten. Namun, sebagian orang tidak dapat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Hal ini dapat menjadikan tepung mocaf sebagai alternatif pengganti tepung terigu.

Mocaf memiliki kandungan yang berbeda dari tepung terigu. Perbedaan kandungan gizi yang mendasar adalah tepung mocaf tidak mengandung zat gluten atau zat yang menentukan kekenyalan pada makanan. Tepung mocaf memiliki sedikit protein sedangkan tepung terigu kaya akan protein. Tepung mocaf lebih kaya karbohidrat dan memiliki gelasi yang lebih rendah dibandingkan tepung terigu. 

Mocaf memiliki karakteristik yang lebih menguntungkan dibanding dengan tepung terigu atau tepung lainnya seperti tidak berbau, memiliki warna lebih putih dibanding dengan tepung gaplek, kandungan serat dan mineralnya lebih tinggi dari tepung gaplek. Karakteristik tersebut dapat menjadikan mocaf sebagai alternatif pengganti tepung terigu. Tepung mocaf mempunyai daya kembang yang setara dengan tepung terigu berprotein sedang. Selain itu, mocaf juga memiliki kadar abu yang lebih rendah dibanding dengan tepung terigu, kaya akan karbohidrat, dan gelasi yang lebih rendah sehingga cocok untuk penderita autistik atau intoleransi gluten. 

Tepung mocaf bisa dijadikan alternatif pengganti tepung terigu sebagai contoh pada pembuatan brownies kukus. Untuk pembuatan brownies kukus mocaf, tidak jauh beda dengan membuat brownies kukus biasa. Hanya saja bahan baku tepung terigu digantikan oleh tepung mocaf dan hasil akhir yang sedikit berbeda. Brownies tepung mocaf bertekstur lebih padat daripada brownies tepung terigu.

Berikut resep pembuatan brownies kukus mocaf,

Bahan:

  1. 250 gram tepung mocaf 
  2. 250 gram gula pasir 
  3. 50 gram coklat bubuk 
  4. 25 gram susu bubuk 
  5. 3  butir telur
  6. 25 gram margarin (lelehkan)
  7. 125 gram dark chocolate (lelehkan)
  8. ½ sdt vanila
  9. 1 sdt cake emulsifier
  10. ½ sdt baking powder

Prosedur kerja : 

  1. Disiapkan kukusan terlebih dahulu, beri air secukupnya dan tutup rapat. Biarkan mendidih dengan api kecil.
  2. Ayak tepung mocaf, coklat bubuk, susu bubuk, dan baking powder secara bersamaan agar tercampur rata.
  3. Kocok telur bersama gula pasir, vanilla dan cake emulsifier menggunakan mixer. Hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang)
  4. Masukkan margarin dan dark chocolate yang sudah dilelehkan dan kocok adonan menggunakan mixer.
  5. Masukkan tepung yang telah diayak dan aduk rata hingga adonan tercampur rata. 
  6. Siapkan loyang kemudian tuang adonan hingga mendekati penuh, kukus dalam kukusan panas yang telah disiapkan dan tunggu kurang lebih 15 – 20 menit. 
  7. Jika sudah matang, keluarkan brownies dari loyang. Hidangkan. 

Selain membuat brownies kukus mocaf masih banyak lagi olahan makanan yang bahan bakunya dapat diganti dengan tepung mocaf, seperti Mocaf Klepon Cake. 

Berikut resep pembuatan mocaf klepon cake,

Bahan:

  • 80 gram tepung mocaf
  • 3 butir telur ayam 
  • ½ sdt SP
  • ¼ sdt baking powder
  • ½ sdt pasta pandan
  • ½ sdt vanili
  • 6 ½ sdm gula pasir 
  • 3 sdm mentega cair 
  • Kelapa parut 
  • Garam sedikit
  • Gula jawa 3 keping (cincang)

Prosedur pembuatannya yaitu: 

  1. Kocok telur ayam, gula pasir, dan SP sampai kaku.
  2. Masukkan tepung mocaf sambil diayak, baking powder, vanili, aduk lipat. Setelah rata, masukkan mentega cair dan pasta pandan, kemudian aduk rata. 
  3. Olesi cetakan dengan minyak sayur. Tuang ½ adonan ke loyang. Kukus selama 30 menit.
  4. Setelah layer 1 matang, masukkan gula jawa cincang, tuang sisa adonan dan kukus kembali selama 30 menit.
  5. Keluarkan dari kukusan, biarkan dingin. Kukus kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam.
  6. Keluarkan kue dari loyang, beri kelapa parut diatasnya. Hidangkan.

Adapun beberapa kelebihan tepung mocaf dari tepung gluten free lainnya yaitu, bahan baku mudah di dapat yaitu singkong. Singkong merupakan tanaman yang cocok dengan kondisi tanah dan iklim di Indonesia. Penggunaan singkong ini mampu membantu mensejahterakan petani Indonesia. Karakteristik tepung mocaf lebih mirip dengan tepung terigu dibandingkan dengan tepung gluten free lainnya seperti tepung sorgum, tepung gaplek, tepung sagu putih dan lainnya. 

Dengan menggunakan mocaf sebagai tepung alternatif dapat mengurangi ketergantungan  terhadap tepung gandum. Dengan mengkonsumsi tepung mocaf, sudah membantu menekan laju impor, mengurangi ketergantungan tepung terigu, memanfaatkan kearifan lokal, dan mendukung penggalakan diversifikasi pangan untuk tercapainya ketahanan pangan.

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X