Tepung beras adalah tepung olahan yang berasal dari beras yang ditumbuk atau digiling. Tepung beras tidak sama dengan pati beras yang terbuat dari hasil rendaman beras pada larutan alkali. Tidak adanya kandungan gluten pada tepung beras menyebabkan tepung ini dapat dijadikan sebagai pengganti tepung terigu yang baik bagi penderita gluten intolerance.

Nutrisi yang terkandung dalam tepung beras lebih baik dari tepung terigu dan yang terpenting adalah bebas gluten/gluten free. Oleh karena itu, tepung beras banyak digunakan sebagai salah satu bahan olahan makanan seperti bubur beras untuk bayi, kue, dan lain sebagainya. 

Jenis dan pemanfaatannya di setiap negara masing-masing berbeda. Di negara Jepang, tepung beras dibedakan menjadi 2, yaitu tepung beras yang bertekstur lengket, dan tepung beras yang tidak lengket. Tepung beras yang tidak lengket digunakan untuk membuat kue, sedangkan tepung beras yang lengket digunakan untuk pembuatan mochi.

Berikut ini merupakan perbedaan apa saja yang ada pada tepung beras dan tepung tapioka.  

Bahan Baku yang Digunakan

Pada pembuatan tepung beras bahan yang digunakan adalah beras itu sendiri. Caranya cukup mudah untuk membuat tepung beras yaitu dengan menumbuk atau menggiling beras itu sendiri sampai hasilnya benar-benar halus. Lalu pembuatan tepung tapioka menggunakan sari pati singkong.

Tekstur dan Warna

Tepung beras dan tepung tapioka memiliki warna yang sama yaitu berwarna putih. Perbedaannya adalah tepung beras tidak licin di tangan dan mudah dipegang sedangkan tepung tapioka licin dan sukar untuk dipegang oleh tangan.

Manfaat

Manfaat dari tepung beras adalah dapat melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat. Selain itu, tepung beras dapat melindungi kulit dari sinar UV jadi cocok bagi yang sering keluar di siang hari. Tidak hanya kesehatan kulit tetapi juga kesehatan rambut, yaitu dapat mengurangi minyak rambut dan dapat juga membuat rambut menjadi berkilau.

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X