Gluten adalah campuran amorf dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Dari ketiganya, gandum yang paling tinggi kandungan glutennya. Berikut beberapa tepung rekomendasi bagi pengidap alergi terhadap gluten : 

Tepung Mocaf

Modified Cassava Flour atau mocaf merupakan tepung yang terbuat dari ubi kayu atau singkong yang telah dimodifikasi. Tepung mocaf dapat menjadi alternatif  untuk membuat kue bebas gluten. Beberapa produsen bahkan menjual tepung mocaf berkualitas tinggi yang bebas gluten yang telah memiliki sertifikat dari Kelompok Intoleransi Gluten. Karena benar-benar bebas biji-bijian, tepung mocaf adalah pilihan yang baik bagi lebih dari sekadar mereka yang memiliki  gejala intoleransi gluten, ini juga ramah paleo dan juga dapat dikonsumsi oleh orang-orang dengan sistem atau gangguan pencernaan yang sensitif, seperti penyakit usus yang mudah tersinggung atau iritasi usus besar.

Tepung Almond

Tepung almond adalah salah satu tepung dari biji-bijian dan bebas gluten. Dalam pembuatannya, tepung kacang almond dapat terbuat dari kacang almond utuh dan kacang almond yang telah dihilangkan kulitnya. Satu cangkir tepung almond didapatkan dari sekitar 90 biji almond. Tepung ini sering digunakan dalam makanan yang dipanggang dan tepung roti untuk membalut makanan yang bebas gluten.

Jika Anda ingin menggunakan tepung almond untuk membuat makanan yang dipanggang, jangan lupa tambahkan telur. Nanti adonannya bisa jadi lebih tebal dan padat jika dibandingkan dengan tepung terigu. Tepung almond ini merupakan sumber vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh. Meskipun tepung almond termasuk tepung bebas gluten, saat membeli produk ini Anda juga harus memastikan bahwa tepung ini memang bebas dari gluten saat diproduksi di pabriknya. Baca label pangan lebih teliti lagi.

Tepung Sorgum

Tepung sorgum memiliki tekstur yang ringan dan cenderung manis. Penggunaan tepung ini biasanya sebagai campuran dengan tepung bebas gluten lainnya, atau digunakan dalam resep yang hanya membutuhkan sedikit tepung. Tepung ini memiliki serat dan protein yang tinggi. Dilansir dari laman Healthline, tepung ini mengandung banyak zat besi dan antioksidan yang membantu melawan peradangan dalam tubuh. Beberapa produksi tepung sorgum kemungkinan ada yang terkontaminasi dengan gluten selama prosesnya. Carilah produk tepung sorgum dengan label gluten free alias bebas gluten.

Tepung Jagung

Tepung jagung memiliki tekstur yang sangat halus. Proses pembuatan tepung jagung dengan cara menggiling biji jagung yang sudah bersih dan berkualitas baik sebanyak dua kali. Tepung bebas gluten ini biasanya digunakan sebagai pengental untuk cairan.

Dilansir dari laman Litbang Kementerian Pertanian, produk tepung jagung sering digunakan untuk kue kering, kue basah, roti, dan sejenisnya. Tepung ini tinggi serat dan merupakan sumber karotenoid yang yang baik. Vitamin B6, thiamin, mangan, magnesium, dan selenium yang terkandung dalam tepung ini juga cukup tinggi.

Tepung Kelapa

Tepung kelapa terbuat dari daging kelapa yang dikeringkan. Dalam satu sendok makan tepung kelapa mengandung 5 gram serat. Tepung kelapa mengandung lebih banyak serat dibandingkan tepung terigu. Sebagian besar serat dalam tepung kelapa adalah jenis serat tidak larut yang bisa membantu Anda merasa kenyang, cegah konstipasi, dan meningkatkan kesehatan usus besar. Karena kandungan seratnya tinggi, tepung kelapa tidak meningkatkan gula darah secepat tepung dari gandum.

Tepung kelapa mengandung protein yang lebih tinggi daripada dengan tepung terigu. Satu porsi 100 gram tepung kelapa memiliki 19 gram protein sedangkan tepung terigu mengandung sekitar 10 gram. Tepung kelapa adalah pilihan yang baik bagi orang yang memiliki alergi kacang dan gluten. Tekstur ringan tepung ini menghasilkan adonan yang sama dengan tepung biasa untuk membuat roti dan hidangan makanan penutup lain yang menggunakan tepung. Namun, memang tepung ini akan menyerap lebih banyak air daripada tepung terigu atau tepung almond.

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X