Meskipun sering diolah, namun konsumsi tepung putih sering kali dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit. Mulai dari peningkatan risiko penyakit jantung maupun diabetes tipe 2. Tidak lain karena tepung putih mempunyai potensi peradangan yang lebih banyak dibandingkan jenis tepung lainnya.

Apa Itu Tepung Almond?

Sebelum mengetahui beberapa manfaat tepung almond, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan tepung almond. Tepung almond merupakan tepung yang diolah dari kacang almond mentah atau rebus. Kacang almond ini kemudian digiling beserta kulitnya hingga halus dan mempunyai tekstur seperti tepung. Biasanya tepung almond  banyak digunakan untuk berbagai resep makanan sehat. Mulai dari kue muffin, biskuit atau kue kering, hingga dijadikan sebagai tepung roti untuk melapisi ayam sebelum digoreng. Tepung almond ini diketahui bebas gluten sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai gluten intolerance.

Penjelasan Singkat

Tepung almond terbuat dari bahan dasar kacang almond mentah atau direbus. Kacang almond ini yang setelah direbus akan digiling halus hingga mempunyai tekstur seperti tepung pada umumnya. 

Manfaat Tepung Almond

Tepung almond dikenal memiliki banyak nutrisi. Tepung ini kaya akan vitamin E dan magnesium yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Vitamin E dalam tepung almond bertindak sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Sementara, magnesium dibutuhkan dalam banyak proses pada tubuh Anda. Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam satu takaran saji (28 gram) tepung almond, yaitu:

  • 163 kalori.
  • 14,2 gram lemak.
  • 6,1 gram protein.
  • 5,6 gram karbohidrat.
  • 3 gram serat makanan.
  • 35 persen vitamin E dari kebutuhan harian. 
  • 19 persen magnesium dari kebutuhan harian. 
  • 16 persen tembaga dari kebutuhan harian.
  • 13 persen fosfor dari kebutuhan harian.

 

  1. Mengendalikan Gula Darah Yang Ada Didalam Tubuh

Tepung almond rendah karbohidrat, tetapi tinggi lemak sehat dan serat. Sifat ini membuat tepung almond digolongkan dalam asupan berindeks glikemik rendah karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan setelah dikonsumsi. Tak hanya itu, magnesium yang terkandung dalam tepung almond juga memainkan peran penting dalam mengendalikan gula darah. 

  1. Bebas Dari Gluten

Orang celiac atau intoleransi gandum tidak dapat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten karena tubuhnya menganggap sebagai zat yang berbahaya. Hal ini menyebabkan terciptanya respons sistem imun untuk menghilangkan gluten dari tubuh. Respons tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada usus dan menimbulkan gejala tertentu, seperti kembung, diare, ruam kulit, kelelahan, dan penurunan berat badan. Untungnya, tepung almond bebas dari gandum dan gluten sehingga bisa jadi pilihan yang baik bagi penderita penyakit Celiac atau intoleransi gandum. 

  1. Mengendalikan Kolesterol di Dalam Tubuh

Tepung almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengendalikan kolesterol. Mengurangi kolesterol secara signifikan berarti turut menurunkan risiko penyakit jantung.

Rumah Mocaf Indonesia

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X