Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) merupakan tepung yang terbuat dari ubi kayu yang mengalami modifikasi secara enzimatis. Tepung mocaf terbuat dari seluruh bagian ubi kayu, tidak seperti tepung tapioka yang hanya mengambil sari pati ubi kayu. Langkah awal pembuatan tepung mocaf yaitu dengan pengupasan ubi kayu, setelah itu pencucian dan pencacahan menjadi bagian-bagian kecil. Selanjutnya, perendaman ubi kayu dengan larutan yang sudah ditambahkan enzim, kemudian dikeringkan dan dihaluskan hingga menjadi tepung.

Tepung mocaf memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai pengganti tepung terigu. Tepung mocaf memiliki karakteristik yang mirip seperti tepung terigu, sehingga dapat digunakan sebagai campuran dengan tepung terigu dalam pembuatan kue maupun substitusi tepung terigu. Pada umumnya, tepung mocaf dapat diolah menjadi kue, cookies, pie, mie, hingga beras analog.

Berdasarkan kandungan gizinya, tepung mocaf memiliki keunggulan daripada tepung ubi kayu lainnya, yaitu gluten free, indeks glikemik yang rendah, sumber karbohidrat kompleks, serta kaya akan serat dan kalsium.

Gluten Free

Tepung mocaf merupakan tepung yang gluten free, yang artinya tepung ini tidak mengandung protein gluten. Protein gluten merupakan protein lengket dan elastis yang umumnya terkandung di dalam beberapa jenis serealia, terutama gandum yang menjadi bahan dasar tepung terigu.

Gluten dapat memengaruhi kesehatan, antara lain menyebabkan anemia, osteoporosis, kenaikan kadar gula darah hingga penyakit autoimun, dan kanker pada orang yang tidak bisa mengonsumsi gluten. Gluten juga kurang direkomendasikan untuk penderita autis karena gluten akan membentuk gluteomorfin sehingga terjadi gangguan perilaku, salah satunya hiperaktif. Maka dari itu, tepung mocaf dapat menjadi solusi bagi orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi gluten.

Indeks glikemik rendah

Selain gluten free, tepung mocaf juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang digunakan sebagai indikator kecepatan makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Apabila suatu makanan mengandung indeks glikemik yang tinggi, maka kadar gula di dalam tubuh akan meningkat dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dapat menimbulkan penyakit, salah satunya yaitu diabetes. Maka dari itu, tepung mocaf memiliki manfaat yang baik karena indeks glikemik yang terkandung lebih rendah daripada tepung terigu, sehingga dapat menjadi pengganti tepung terigu.

Mengandung karbohidrat kompleks

Tepung mocaf juga mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat merupakan salah satu komponen makro yang dibutuhkan tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat sederhana, maka tubuh akan mencerna dengan cepat, sehingga mudah merasa lapar. Sementara itu, tubuh akan mencerna karbohidrat kompleks lebih lama, sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama juga. Maka dari itu, tepung mocaf dapat menjadi alternatif untuk orang yang sedang diet karena kandungan karbohidrat kompleksnya dapat menunda rasa lapar, sehingga tidak mengonsumsi karbohidrat berlebihan.

Kaya akan serat dan kalsium

Kandungan serat dan kalsium pada tepung mocaf cukup tinggi daripada tepung ubi kayu lainnya. Kalsium merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini menjadikan tepung mocaf cocok untuk penderita osteoporosis maupun orang yang kekurangan kalsium.

Serat merupakan kandungan dari nabati yang tidak dapat tercerna oleh tubuh, serta dapat mengikat air dan melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengontrol kadar gula darah. Maka dari itu, tepung mocaf dapat sebagai salah satu sumber serat yang baik untuk tubuh.

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X