Nominasi Kick Andy Heroes 2021

Pada tanggal 9 Agustus 2020, Rumah Mocaf mendapatkan kesempatan berharga karena diundang ke Kick Andy untuk berbagi cerita awal mula terbentuknya Rumah Mocaf. Riza Azyumarridha Azra dan Wahyu Budi Utami selaku pendiri Rumah Mocaf Indonesia mewakili untuk hadir dalam acara Kick Andy. Riza dan Tami menceritakan awal mula mereka mendirikan Rumah Mocaf dan latar belakang berdirinya Rumah Mocaf. Selain itu, mereka juga menceritakan harapan adanya tepung mocaf bagi masyarakat Indonesia serta manfaat dari tepung mocaf bagi kesehatan tubuh. Tampilnya Riza dan Tami dalam acara Kick Andy menjadi suatu batu loncatan untuk mengenalkan tepung mocaf dan produk turunannya lebih luas kepada masyarakat. Serta, Rumah mocaf juga memperoleh penghargaan Kick Andy Heroes 2021. 

Pemenang Hyundai Start-Up Challenge 2020

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) secara resmi telah memilih 4 pemenang startup dan 1 pemenang favorit dalam acara Hyundai Start-Up Challenge yang diadakan pada tahun 2020 lalu. Para pemenang antara lain Wakhyu Budi Utami (Rumah Mocaf) dengan hadiah Rp500 juta, Galih Dandung Akbar G (Pictafish) hadiah Rp300 juta, Andhika Mahardika (Agradaya) Rp200 juta, Muhammad Thoyib (Indigo Buru Baru) akan menerima hadiah Rp200 juta dan pemenang favorit Aminudi (Biomagg Indonesia) yang menerima Rp5 juta.

Pemenang Start-Up Challenge dipilih berdasarkan komitmen mereka untuk berpartisipasi di seluruh program dan kemampuan untuk membuat rencana bisnis yang nyata dan dapat ditindaklanjuti. Harapannya bisnis yang dimiliki dapat menciptakan dampak yang lebih signifikan daripada yang telah mereka berikan kepada masyarakat, dimana hal tersebut mencakup pendidikan tentang lingkungan dan ketenagakerjaan. Dengan pendanaan ini, Rumah Mocaf akan melanjutkan upaya untuk mewujudkan impian bahwa suatu saat Indonesia bisa memiliki kedaulatan pangan, khususnya singkong yang dapat mengangkat martabatnya.

Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020

Mocafine by Rumah Mocaf Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan pada Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020. Acara penghargaan ini dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) pada 6 Desember 2020. Penghargaan ini diharapkan akan menjadi langkah awal untuk meningkatkan kesejahteraan petani singkong dan pengrajin mocaf di seluruh Indonesia.

Rumah Mocaf Indonesia selalu mengedepankan kualitas produk, mulai dari pemilihan bahan baku, pengadaan tenaga kerja, perawatan sarana dan prasarana, pengawasan proses produksi, hingga pengemasan. Seluruh produk tepung mocaf yang dijual oleh Rumah Mocaf Indonesia merupakan produk dari petani singkong lokal dengan kualitas terbaik. Rumah Mocaf menjual tepung mocaf bersertifikat organik dan 100% dari alam. Tepung mocaf lebih sehat dibandingkan dengan jenis tepung lain karena bebas gula (gluten free), memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, kaya serat, kalsium, dan fosfor, serta diproses secara halal dengan bahan baku halal.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diadakan dengan tujuan agar Indonesia dapat memanfaatkan pasar yang besar untuk meningkatkan industri di dalam negeri dan mempercepat industrialisasi, membuat produk dalam negeri, sekaligus menciptakan lapangan kerja. Indonesia merupakan negara yang besar sehingga tidak boleh hanya sebagai konsumen yang menjadi target pasar dari produk-produk negara lain. Sebab Indonesia memiliki banyak produk dalam negeri yang hebat dan banyak anak bangsa yang mampu menghasilkan karya-karya hebat.

Indonesia Food Innovation (IFI)

Rumah Mocaf mendapatkan penghargaan dalam event Indonesia Food Innovation (IFI). Indonesia Food Innovation merupakan program akselerasi bisnis Industri Kecil Menengah (IKM) pangan yang memiliki inovasi produk dan atau proses serta berbahan baku utama sumber daya lokal agar siap menjadi industri pangan yang marketable, profitable, dan sustainable. Dengan mengikuti event ini, peserta yang terpilih akan mendapatkan coaching dan mentoring dari para pakar profesional melalui program food camp untuk meningkatkan kapabilitas baik dari aspek teknis maupun bisnis. Rumah Mocaf mengikuti event IFI dan menjadi juara dua kategori produk antara (Intermediate product).

Selain itu, Riza Azyumarridha Azra selaku owner dan founder PT Rumah Mocaf Indonesia dinobatkan sebagai Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian pada tahun 2020 oleh Kementerian Pertanian RI. Banjarnegara yang merupakan tanah kelahiran Riza merupakan penghasil singkong terbesar kedua se-Jawa Tengah. Dengan membangun Rumah Mocaf, Riza berhasil membangkitkan petani singkong yang sempat terpuruk karena harga singkong yang jatuh. Hal tersebut juga menciptakan putaran ekonomi baru bagi ibu rumah tangga sebagai pengrajin mocaf. Kesuksesan inilah yang membawa Riza sebagai Duta Petani Milenial karena dapat menyatukan petani, pengrajin, serta anak muda untuk sama-sama membangkitkan pangan lokal.

Sertifikasi Produk

Mocafine merupakan nama produk dari tepung mocaf yang menjadi produk andalan dari Rumah Mocaf. Setiap industri pangan yang akan mengedarkan produknya di Indonesia wajib mengikuti regulasi yang  diatur pemerintah melalui lembaga yang berwenang yaitu BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Dalam hal ini, Mocafine telah teregistrasi BPOM. Selain itu, bentuk dari jaminan keamanan dan mutu pangan internasional juga telah dimiliki Mocafine berupa sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Dengan demikian, Mocafine aman untuk dikonsumsi sehingga tidak akan ada resiko yang dapat membahayakan kesehatan tubuh setelah mengonsumsinya.

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X