Singkong

Singkong

JAKARTA – Singkong banyak tumbuh hampir di seluruh wilayah Indonesia. Komoditas pangan ini pun patut menjadi perhatian karena memiliki prospek usaha yang menjanjikan.

Masyarakat bisa melihat kisah sukses pengolahan pangan yang dilakukan oleh Rumah Mocaf di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Di rumah industri tersebut, ubi kayu atau singkong diolah menjadi tepung hingga berbagai macam pangan olahan lainnya.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, singkong menjadi pangan lokar alternatif yang harus mulai diberi perhatian khusus. Apalagi komoditas pangan alternatif ini memiliki prospek yang bagus.

“Oleh karenanya untuk menjamin keberlanjutan pangan olahan dari singkong harus memanfaatkan lahan yang ada, bangun pangan lokal mulai dari skala rumah tangga supaya ketahanan pangan bisa terjaga,” tulis Syahrul, dikutip dari Instagram @kementerianpertanian, Minggu (5/7/2020).

Penggagas Rumah Mocaf merupakan pengusaha muda, Reza Azyumarridha Azra

Proses Pengeringan Chips

Penggagas Rumah Mocaf merupakan pengusaha muda, Reza Azyumarridha Azra. Dia mengolah tepung berbabahan singkong atau modified cassava fiour (mocaf) menjadi alternatif pengganti tepung terigu.

Usahanya ini pun sedang bersiap untuk memasuki pasar ekspor. Karena itu, hal ini bisa dicontoh karena singkong di Indonesia tersebar.

“Singkong atau ubi kayu sebagai komoditas pangan alternatif ini patut diberikan perhatian lebih karena memiliki prospek yang bagus. Pola pengembangan mocaf di Banjarnegara ini pun patut ditiru agar pangan berbahan singkong menyebar di semua daerah,” tuturnya.

Kerabat Rumah Mocaf 3

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X