tepung mocaf, gluten free, mocafine, rumah mocaf, Riza Azyumarrinda Azra
tepung mocaf, gluten free, mocafine, rumah mocaf, Riza Azyumarrinda Azra
Riza Azyumarrida Azra yang tengah mengikuti pameran di Istanbul, Turki
(Foto: Dokumen Pribadi)

Rumah Mocaf, demikian Riza Azyumarrida Azra menamai toko daring di marketplace Shopee. Dia memasang foto-foto produk tepung mocaf yang diproduksi dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Rumah mocaf mulai bergabung di marketplace Shopee lebih dari dua tahun. Pemilihan toko daring menjadi salah satu alternatif untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia. 

“Kami memasarkan ke pasar lokal terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan lainnya. Pembeli terbesar memesan melalui marketplace secara daring. Setiap harinya di Rumah Mocaf cukup sibuk untuk melakukan pengepakan guna mengirimkan barang,” jelas Riza.

Dia mengungkapkan pada masa sebelum pandemi, rata-rata penjualan tepung mocaf mencapai 4 ton. Namun begitu ada pandemi, justru sekarang bisa mencapai 8 ton. 

Dengan semakin tingginya jumlah penjualan, maka petani singkong bakal terangkat juga. Petani singkong yang sebelumnya dipandang sebelah mata, kini telah mampu menaikkan derajat singkong dengan produk tepung mocaf. Apalagi, kini Rumah Mocaf telah menjalin mitra dengan 580 petani dan perajin singkong.

Selain pasar domestik, tepung mocaf dari Rumah Mocaf Banjarnegara juga telah mengikuti pameran ke berbagai negara di dunia.

“Saya mengikuti langsung pameran di Malaysia dan Singapura. Yang di Malaysia adalah pameran produk halal dunia pada 2019 lalu. Saat ini, saya masih di Turki untuk mengikuti pameran produk halal di Istanbul,” ungkapnya.

Tiga pameran lainnya, hanya produknya yang dibawa yakni di Belgia, AS, dan Rusia.

“Ini sangat penting bagi kami untuk mengenalkan mocaf kepada dunia. Apalagi, saat sekarang isu gluten free tengah booming di negara-negara Eropa,” tambahnya.

Riza sudah menjalin perjanjian kerja sama dengan pembeli dari Belgia dan Amsterdam. Bahkan, beberapa waktu lalu, tepung mocaf juga telah diekspor ke Oman sebanyak 5 ton.

Source: m.mediaindonesia.com 

Rumah Mocaf Indonesia

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X