Di Indonesia, singkong merupakan nama lokal di kawasan Jawa Barat. Ubi kayu dan ketela pohon digunakan dalam bahasa melayu. Nama ketela secara etimologi berasal dari bahasa Portugis “Castilla”. Singkong dalam bahasa Perancis disebut dengan Manioc. Di Brazil, singkong disebut dengan Macaxeira. Sementara itu, singkong di Amerika Selatan disebut dengan Mandio.

Di Indonesia, singkong merupakan makanan pokok ketiga setelah padi-padian dan jagung. Namun, tahukah kamu kalau singkong dijadikan sebagai makanan pokok sehari-hari di berbagai negara, contohnya adalah di wilayah Amerika Selatan dan Afrika.

  • Farofa Olahan Singkong Pengganti Nasi di Brazil

Salah satu negara di Amerika Selatan yang mengonsumsi singkong sebagai makanan pokok yaitu Brazil. Singkong biasanya direbus untuk menggantikan kentang dan pelengkap masakan, serta menjadi tepung singkong untuk mengganti tepung gandum. Farofa merupakan hidangan yang terbuat dari tepung singkong yang dipanggang, lalu dikombinasikan dengan nasi dan kacang-kacangan.

Singkong goreng (cassava fries) juga merupakan makanan dari Brazil sebagai pengganti kentang goreng. Farinha de mandioca merupakan tepung singkong yang digunakan sebagai bumbu, alas untuk Farofa, atau hidangan sebagai makanan pendamping. Farinha de mandioca terbuat dari akar singkong yang didetoksifikasi kemudian digiling menjadi bubur yang disebut massa yang kemudian dikeringkan untuk menghasilkan makanan yang kering. Selain itu, hidangan Brazil Tapioka merupakan makanan mirip krep yang dibuat dengan tepung singkong. Dalam Biju (atau beiju), tapioka dibasahi, disaring melalui saringan untuk membuat tepung kasar, lalu ditaburkan ke wajan panas menjadi tortilla. 

  • Garri Sereal Singkong ala Nigeria

Sedangkan di Nigeria, Garri atau Eba adalah produk dari singkong yang sangat populer. Garri atau Eba merupakan hidangan yang terbuat dari singkong yang diparut, diperas, difermentasi dan digoreng, kemudian dicampur dengan air mendidih hingga membentuk pasta kental. Bentuk Garri berupa tepung granular berwarna putih krem dengan sedikit rasa asam karena proses produksinya melibatkan fermentasi dan gelatinisasi umbi singkong segar. 

Cara mengonsumsi Garri juga sangat praktis, Garri cukup direndam dengan air dingin lalu ditambahkan sedikit gula dan kacang tanah panggang secukupnya. Untuk rasa yang lebih gurih, kita juga dapat menambahkan susu evaporasi sesuai selera. Untuk variasi lain, Garri juga dapat disajikan dengan disiram dengan air kelapa. 

Masyarakat Nigeria juga biasa mengolah singkong menjadi Isu dengan cara direbus dengan bumbu pedas atau memasaknya menjadi Iyan yaitu menumbuk singkong rebus menjadi Iyan. 

Chikwangue, Olahan Singkong dari Kongo

Di Republik Demokratik Kongo, singkong biasa diolah menjadi Chikwangue,yaitu hidangan dari tepung singkong yang dibuat menjadi pasta dan difermentasi sebelum direbus dan setelah dibungkus dengan daun pisang atau daun lainnya. Hidangan tersebut memiliki umur simpan yang panjang dan disukai untuk makanan perjalanan jauh. Pengolahan singkong menjadi tepung singkong untuk membuat roti singkong dengan cara tepung dididihkan hingga tebal seperti bola karet, atau sering disebut dengan Bukari dalam bahasa Swahili atau Luku di Kikongo.

Olahan Singkong khas Indonesia

Di Indonesia, singkong sering diolah menjadi gaplek, tapai, mocaf, singkong rebus dan goreng, dan lain-lain. Gaplek merupakan singkong yang dipotong-potong kemudian dikeringkan. Lalu, tapai merupakan makanan tradisional berupa fermentasi singkong menggunakan ragi selama dua hingga tiga hari untuk menghasilkan singkong dengan tekstur empuk dan lembut dan memiliki rasa yang manis. Selanjutnya, mocaf merupakan tepung singkong yang dimodifikasi secara enzimatis sehingga memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan tepung yang lain. Sedangkan singkong rebus dan singkong goreng merupakan makanan olahan singkong yang sering dikonsumsi sebagai hidangan pendamping. 

 

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X