Tepung Singkong

Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian Riza Azzumarida Azra, pendiri Rumah Mocaf Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung kedaulatan pangan lokal dengan mengangkat martabat singkong dengan vote rumah mocaf Indonesia melalui http://bit.ly/banggaindonesia2020 dengan akun Facebook.

 

Rumah Mocaf Indonesia melaju di tiga besar BBI 2020

Rumah Mocaf Indonesia, dengan brand Mocafine Cassava Flour melaju di tiga besar Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020 kategori kuliner. “ Dari ribuan pendaftar, alhamdulilah Rumah Mocaf Indonesia dapat melaju ke babak tiga besar kategori produk Kuliner. Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami yang tengah berikhtiar menjadikan olahan singkong dengan brand Mocafine cassava flour untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional, “ ujar Riza, Senin (30/11).

Satu Produk Bangga Buatan Indonesia terbaik akan diumumkan tanggal 6 Desember ditentukan oleh jumlah vote terbanyak. Masyarakat dapat memberikan suaranya sampai tanggal 5 Desember 2020. Melalui Mocafine Cassava Flour Riza ingin mengkampanyekan bahwa nasionalisme bisa dimulai dari perut. Karena kita Bangga dengan Buatan Indonesia.

 

Mengangkat Martabat Singkong dan Pemberdayaan Petani Singkong

Tepung Singkong
Pendiri Rumah Mocaf Indonesia bersama petani muda Banjarnegara

Upaya Riza mengangkat martabat singkong dengan menjadikannya olahan singkong dan pemberdayaan petani singkong sebagai jalan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional, merupakan jawaban atas program Gerakan Diversifikasi Pangan yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan). Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) berkali mengatakan tentang slogan indah dan bahagia dengan pangan lokal.

“Gerakan ini sebagai upaya untuk mendorong ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam , bergizi seimbang dan aman. Gerakan diversifikasi pangan ini mewakili harapan dan kebutuhan dari seluruh rakyat Indonesia agar ketahanan pangan tetap kokoh, yang memperkuat hadirnya negara yang sejahtera,” ujar Mentan SYL.

 

Rumah Mocaf Indonesia Memiliki Resto

Rumah Mocaf Indonesia sendiri berdiri di Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Rumah Mocaf Indonesia adalah perusahaan yang berlandaskan asas sociopreneurship.

Lebih lanjut Riza menjelaskan bahwa Rumah Mocaf Indonesia juga dikembangkan menjadi resto yang cukup ramai dikunjungi kaum milenial. “Kami memiliki resto Rumah Mocaf tempat anak–anak muda nongkrong, dengan menu kekinian seperti fried chiken, mie ayam dan semua terbuat dari Mocaf, ini sebagai bentuk edukasi kami ke mereka, “ ungkapnya.

 

Pertanian Yang Bagus Bisa Dilaksanakan Para Petani Milenial

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa pertanian yang bagus itu bisa dilaksanakan para petani milenial yang berjiwa entrepreneurship yang tinggi. Dengan para petani milenial tersebut, Dedi berharap usaha pertanian dapat memberikan kesinambungan atau sustainability keuntungan.

Menurut Dedi, keuntungan didapatkan dari usaha pertanian yang baik apabila para pelaku usaha pertanian memiliki kepekaan terhadap peluang-peluang keuntungan. Acara Anugerah BBI 2020 ini mengacu pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang lahir sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan program padat karya dalam upaya mitigasi dampak Covid-19 di sektor ekonomi dan UMKM. Anugerah BBI 2020 ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah bagi pelaku UMKM.

Kerabat Rumah Mocaf 1

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X