Tepung tapioka merupakan tepung yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam jenis makanan. Selain mudah didapat, tepung tapioka juga memiliki tekstur yang cenderung lengket dan kental, sehingga tepung tapioka sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat berbagai macam jenis makanan.

           Dibalik banyaknya kegunaan dari tepung tapioka, tepung tapioka juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tepung tapioka memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut kami rangkum lima manfaat tepung tapioka untuk kesehatan.

  1.       Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tepung tapioka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan serat yang cukup tinggi tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dalam pencernaan. Dengan begitu, risiko terserang berbagai macam penyakit pencernaan yang dapat timbul seperti sembelit, wasir, dan lain-lain akan lebih kecil.

  1.       Menjaga Tekanan Darah

Di dalam tepung tapioka, terdapat kandungan kalium yang dapat berguna untuk menjaga tekanan darah di dalam tubuh. Dengan terjaganya tekanan darah dalam tubuh, akan berdampak pada kesehatan organ lainnya seperti jantung.

  1.       Menjaga Kesehatan Tulang

Tepung tapioka juga memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin K di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang sehingga risiko terserang penyakit pada tulang seperti osteoporosis akan lebih kecil.

  1.       Mengobati Asam Lambung

Tepung tapioka memiliki kandungan perekat seperti lem yang dapat menebalkan lapisan lambung ketika sedang mengalami asam lambung, sehingga penyakit asam lambung akan menghilang secara perlahan.

  1.       Meningkatkan Energi

Tepung tapioka memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk menambah energi bagi tubuh, sehingga secara langsung dengan mengonsumsi tepung tapioka, dapat meningkatkan produktivitas dalam aktivitas sehari-hari.

Rumah Mocaf Ayuni

See all author post

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0
X